Minggu, 15 Maret 2015

IBD Sebagai Salah Satu MKDU (Mata Kuliah Dasar Umum)

IBD SEBAGAI SALAH SATU MKDU



Oleh:
Ardhiansyah Doni Ramadhan
                                                                                                    11114487                               




                                                                                             Pembimbing

          `                                                                                             
         
                                                                                        ( Sendi Eka Nanda )

                                                                                               

SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA


KATA PENGANTAR


            Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas terselesaikannya makalah ini, dengan judul: “IBD SEBAGAI SALAH SATU MKDU ”, yang merupakan salah satu syarat tugas .

            Selama menyelesaikan Makalah ini, penulis telah banyak menerima bimbingan, pengarahan, petunjuk dan saran, serta fasilitas yang membantu hingga akhir dari penulisan Makalah  ini.
Akhirnya penulis berharap semoga Makalah ini bermanfaat bagi semua pihak yang membantu, meskipun dalam Makalah ini masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun tetap penulis harapkan.


                                                                                                                                                   
  

DAFTAR ISI

                                                                                                                                        Halaman
HALAMAN JUDUL …………………………………………………………………….....................1
KATA PENGANTAR ………………………………………………………………….....................2
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………….……...........3
BAB I  PEMBAHASAN
I.i         Pengertian IBD……………………………………………………………...........................4
I.ii        Tujuan IBD…………………………………………………………………......................…..5
I.iii       Ruang Lingkup IBD…………………...……………………………………........…………6
BAB II  PENUTUP
II.i        Kesimpulan…………………………………………………………………………................7
BAB III  PERTANYAAN
III.i       Pertanyaan……………………………………………………………………………………..8
DAFTAR PUSTAKA....................................................................................................................8

  
  

BAB I
PEMBAHASAN

I.i    Pengertian IBD
 IBD adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang diekembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

Istilah IBD dikembangkan petama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris “the Humanities”.  istilah humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin humnus yang astinya manusia, berbudaya dan halus.

Dengan mempelajari the Humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan mempelajari the humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar manusia menjadi humanus, mereka harus mempelajari ilmu yaitu the humanities disamping tidak meninggalkan tanggung jawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.

Berikut pengertian budaya atau kebudayaan dari beberapa ahli :
1.      E. B. Tylor, budaya adalah suatu keseluruhan kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, keilmuan, hukum, adat istiadat dan kemampuan yang lain. Serta kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat .
2.      R. Linton dalam bukunya yang berjudul The Cultural background of personality menyatakan bahwa kebudayaan adalah konfigurasi dari sebuah tingkah laku dan hasil laku, yang unsur-unsur pembentuknya didukung serta diteruskan oleh anggota masyarakat tertentu .
3.      Koentjaraningrat, mengartikan bahwa kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, milik diri manusia dengan belajar.
4.      Selo Soemarjan dan Soelaeman Soemardi, mengatakan bahwa kebudayaan adalah semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.
5.      Herkovits, kebudayaan adalah bagian dari lingkungan hidup yang diciptakan oleh manusia.

6.      Bronislaw Malinowski, Adalah keseluruhan kehidupan manusia yang integral yang terdiri dari berbagai peralatan dan barang-barang konsumen, berbagai peraturan untuk kehidupan masyarakat, ide-ide dan hasil karya manusia, keyakinan dan kebiasaan manusia.
7.      C. Klukhuahn dan W. H. Kelly, mencoba merumuskan definisi kebudayaan sebagai hasil tanya jawab dengan para ahli antropologi, sejarah, hukum, psikologi yang implisit, eksplisit, rasional, irasional terdapat pada setiap waktu sebagai pedoman yang potensial bagi tingkah laku manusia.
8.      Dawson dalam buku Age Of The Gods mengatakan bahwa kebudayaan adalah cara hidup bersama (Culture is common way of life)
9.      J. P. H. Dryvendak mengatakan bahwa kebudayaan adalah kumpulan dari cetusan jiwa manusia sebagai yang beraneka ragam berlaku dalam suatu masyarakat tertentu.
10.  Takdir Alisyahbana, mengatakan kebudayaan adalah manifestasi dari cara berfikir.

I.ii   Tujuan IBD
            Penyajian mata kuliah IBD (ilmu budaya dasar) tidak lain merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

            Dengan demikian mata kuliah ini tidak dimaksudkan untuk mendidik ahli-ahli dalam salah satu bidang keahlian yang termasuk didalam pengetahuan budaya (the Humanities),  tetapi IBD semata - mata sebagai salah satu usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nlai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri.

Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut IBD diharapkan dapat :
1.      Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka
2       Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemansiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
3.      Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bagnsa dan Negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat
4.      menguasahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Dengan memiliki satu bekal yang sama, para akademisi diharapkan akan lebih lancer dalam berkomunikasi.
I.iii   Ruang Lingkup IBD
            Bertitik tolak dari kerangka tujuan yagn telah ditetapkan, dua masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah IBD. Kedua masalah pokok itu adalah :

1.      Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya
2.      Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.

Melihat kedua pokok masalah yang bisa dikaji dalam mata kuliah IBD, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai obyek pengkajian. Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesame, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan dengan sang pencipta menjadi tema sentral dalam IBD.
Pokok-pokok bahasan yang dikembangkan adalah :

1.     Manusia dan cinta kasih
2.     Manusia dan Keindahan
3.     Manusia dan Penderitaan
4.     Manusia dan Keadilan
5.     Manusia dan Pandangan hidup
6.     Manusia dan tanggungjawab serta pengabdian
7.     Manusia dan kegelisahan
8.     Manusia dan harapan

  

BAB II  

PENUTUP

II.i    Kesimpulan
         Dari pengembangan masalah-masalah tersebut diatas, nampak sekali bahwa orientasi ilmu budaya dasar memang tidak terlepas dari masalah-masalah manusia dan kebudayaannya Kedelapan pokok bahasan (beserta sub pokok bahasan) tersebut diatas pada dasarnya termasuk dalam karya-karya yang tercakup dalam pengetahuan budaya (the Humanities).
         Dengan penyusunan tema-tema semacam itu, dimaksutkan agar mahasiswa lebih mudah dalam mengidentifikasi dirinya dengan masalah yang dibahas dan untuk menunjukkan bahwa hal-hal yang didiskusikan sesuai dengan pengalaman hidup manusia.
Disamping itu agar mahasiswa juga dapat memperhatikan norma-norma yang membantu pendidikan. Walaupun penyusunan semacam itu diharapkan untuk mendekatkan dengan penalaman mahasiswa, masih terbuka kemungkinan untuk menyusaikan dengan kondisi tempat belajar atau daerah setempat.



BAB III  

PERTANYAAN

1.      Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, milik diri manusia dengan belajar. Itu adalah pengertian dari…
a.       Koentjaraningrat             c. Herkovits
b.      Selo Soemarjan                d. Dawson

2.      kebudayaan adalah manifestasi dari cara berfikir. Adalah pengertian dari….
a.       Koentjaraningrat             c. Takdir Alisyahbana
b.      Selo Soemarjan               d. Dawson

3.      Istilah IBD berasal dari bahasa inggris dengan istilah…
a.       The utilities                      c. human
b.      The lor                             d. the Humanities

4.      Apa nama buku yang menyatakan bahwa kebudayaan adalah konfigurasi dari sebuah tingkah laku dan hasil laku, yang unsur-unsur pembentuknya didukung serta diteruskan oleh anggota masyarakat tertentu...
a.       The personality                         c. The Cultural background of personality
b.      The magic                                    d. cultural

5.      Age Of The Gods mengatakan bahwa kebudayaan adalah…
a.       Sumber dari segalanya               c. cara hidup bersama
b.      Cara bergaul                                d. cara berdoa



DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar